Sabtu, 03 November 2012

KURIKULUM KTSP SMP NEGERI 2 MILA TAHUN PELAJARAN 2012/2013



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Rasional / Latar Belakang
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengacu pada peraturan pemerintah no. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas Standar Isi, Proses, Lulusan, Tenaga Kependidikan, Sarana Dan Prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan, dimana dua dari kedelapan Standar Nasional Pendidikan tersebut tertuang dalam peraturan Menteri No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) dan peraturan Menteri No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta peraturan Menteri No. 23 Tahun 2006 tentang pelaksanaan peraturan Menteri No. 22 dan 23 merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pegembangan kurikulum.
Dari peraturan yang tercantum dalam Sistem Pendidikan Nasional di atas maka, pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri. Di samping itu diharapkan agar menjadi warga Negara yang demokratif serta bertanggung jawab.
Upaya yang dilakukan untuk peningkatan mutu pendidikan nasional dengan cara pembaharuan pengelolaan pendidikan yang dilakukan secara terarah, terencana dan berkesinambungan. Inovasi kurikulum diarahkan pada penyusun silabus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan komponen pendukung kurikulum lainnya.
Pada akhirnya nanti diharapkan tercapainya tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kondisi dan potensi daerah peserta didik.

B.     Tujuan
Sebagai penerapan dari peraturan pemerintahan dan peraturan menteri tersebut, maka SMP Negeri 2 Mila sebagai institusi pendidikan menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan tujuan  sebagai berikut :
1.     Sebagai kerangka dasar yang merupakan pedoman dalam pelaksanaan kurikulum pada SMP Negeri 2 Mila
2.     Memberi arah yang jelas dalam pelaksanaan kurikulum pada SMP Negeri 2 Mila.
3.      Untuk mengetahui dan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki SMP Negeri 2 Mila.

C.    Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum
Kurikulum dikembangkan oleh SMP Negeri 23 Merangin beserta Komite Sekolah berpedoman pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) serta pedoman penyusunan kurikulum yang disusun olen BNSP dengan prinsip-prinsip sebagai berikut :
1.     Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dilingkungan SMP Negeri 2 Mila dengan acuan ini maka diharapkan peserta didik yang memiliki posisi sentral untuk dapat mengembangkan potensinya agar menjadi manusia yang bertaqwa  kepada Tuha Yang Maha Esa, brakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, kreatif dan mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

2.      Beragam dan Terpadu
Beragam artinya KTSP dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakterisik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargai, tidak diskriminatif terhadap perbedaan  budaya, adat istiadat, standar sosial, ekonomi dan gender.
Kurikulum meliputi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antara substansi.

3.      Tanggap Tehadap IPTEK dan Seni
KTSP di SMP Negeri 2 Mila dalam pengembangannya didasarkan atas kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berkembang secara dinamis. Oleh karena kedinamisannya itu maka semangat dan isi kurikulum mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara baik perkembangan IPTEK.

4.      Relevan dengan kebutuhan hidup masa kini dan masa datang
Didorong dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), pengembangan kurikulum diarahkan kepada kebutuhan hidup termasuk didalamnya kebutuhan kemasyarakatan pengembangan dunia usaha dan dunia kerja. Maka pengembangan ketrampilan sosial, ketrampilan akademik dan ketrampilan berfikir merupakan sasaran bagi peserta didik.

5.      Menyeluruh dan berkesinambungan
Menyeluruh artinya KTSP mencakup seluruh dimensi potensi bidang kajian keilmuwan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan.

6.      Belajar sepanjang hayat
Muatan kurikulum diarahkan agar peserta didik dapat belajar dan menuntut ilmu pengetahuan bukan saja di sekolah formal tetapi masih terbuka kesempatan pada pengembangan pendidikan nonformal dan informal peserta didik dengan memperhatikan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang.

7.      Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah
Dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika” pengembangan kurikulum tetap memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah. Berdasarkan hal inilah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat dijaga dengan seutuhnya.


BAB II
TUJUAN, VISI, MISI SMP NEGERI 2 MILA

A.    Tujuan Pendidikan
Dengan mengacu pada tujuan pendidikan nasional dengan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, serta bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembagkan potensi peserta didik, agar menjadi manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara demokratif serta bertanggung jawab.
Dengan demikian peningkatan ilmu pendidikan haruslah diwujudkan dinegara kesatuan Republik Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan dengan peningkatan kualitas manusia Indonesia secara utuh sehingga mempuyai daya saing dalam meghadapi tantangan global.
Pembaharuan pengelolaan pendidikan yang dilaksanakan secara terarah, terencana dan berkesinmbungan yaitu berupa inovasi kurikulum yang melahirkan tingkat satuan pendidikan dimana didalamnya termuat struktur kurikilum, muatan kurikulum, mata pelajaran pilihan, pengaturan beban kerja, KKM, kenaikan kelas dan kelulusan.

B. Visi dan Misi SMP Negeri 2 Mila
1.  Visi
Menuju Peserta Didik Berprestasi dan Berwawasan serta Menjunjung Tinggi
Akhlak dan Moral yang dilandasi dengan Iman dan Taqwa

Visi tersebut di atas  mencerminkan cita-cita sekolah yangberorientasi kedepan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat. Untuk mewujudkannya, sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut:

2. Misi
Ø  Meningkatkan prestasi lulusan
Ø  Menumbuhkan semangat belajar yang tinggi
Ø  Menjadi pribadi-pribadi yang bertaqwa santun dan berakhlak mulia
Ø  Menumbuhkan sifat kemandirian dan ketrampilan
Ø  Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi

Tujuan Sekolah
1.   Meningkatkan nilai rata-rata kelulusan
2.   Meningkatkan ketekunan  siswa dalam belajar
3.   Meningkatkan ketaqwaan dan akhlak mulia
4.   Memiliki ketrampilan kusus sesuai dengan potensi daerah
5.   Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Pengertian
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagi pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTP) adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masning-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok  mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar , materi pokon/pembelajaran, sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjebaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Sasaran / tujuan
Adapun sasaran yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kurukulum SMP Negeri 2 Mila adalah sebagai berikut :
1.   Mengingkatkan kelulusan lebih dari 90% dengan nilai diatas SKM.
2.   Setiap lulusan dapat diterima di SMA dan SMK  negeri paling rendah Kab Pidie.
3.   Seluruh siswa dapat membaca Al-Quran.
4.   Mempunyai ketrampilan kusus yang hasilnya dapat membantu penghasilan siswa
5.   50% siswa mamnpu menjalankan komputer minimal microsoft word dan Exel.
6.   Terciptanya lingkungan bersih dan sehat
7.   Dapat mengembalikan citra sekolah dimata masyarakat  
SELENGKAPNYA FILE WINRAR DOWNLOAD DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar